BELAJAR EFEKTIF ALA ELVIRA

Assalamu'alaikum ✋


Hi semuaa
Setelah lama, tak kunjung disempatkan pula waktu untuk menulis lagi. Klasik -,-
Anyway, hari ini pun saya tak berniat menulis, sesungguhnya saya sedang berada di library kampus, seharusnya saya menulis paper, namun otak dan hati ini belum juga sinkron untuk memulai barisan kalimat di paper tersebut. Hingga tercetuslah tulisan ini.

Kali ini saya ingin menceritakan kisah saya selama mungkin sekitar 3 minggu terakhir, tidak semua, hanya bagian yang sesuai dengan judul tulisan saya saat ini, yaitu: TIPS BELAJAR EFEKTIF ALA ELVIRA! *jeeng jeeng jeeeeeng*

Yas, saya baru menemukan teknik belajar ini saat menjelang ujian period 6, awal Juli lalu. Saya yang selaluuuu memiliki problem dengan distraksi ketika belajar, mencoba menerapkan beberapa strategi baru yang ternyataaaa: IT WORKS!!!

Apakah itu? Mari kita lihat 😉

1. JAUH-JAUH DARI KAMAR, AKRABKAN DIRI DENGAN LIBRARY
Nah, saya sebetulnya termasuk orang yang cenderung ingin belajar di kamar. Bagi saya, semuanya lebih mudah. Mau makan tinggal ambil, mau sholat gak repot cari tempat. Saya yang suka belajar sambil berbicara juga merasa kamar adalah tempat paling pas karena tak usah khawatir mengganggu orang sekitar. Tapi, godaannya menggunung sekali ternyata. Mulai dari ngantuk terus tidur, lihat bahan makanan terus malah jadi pengen masak, de el el. 
Akhirnya, saya putuskan saya harus pergi ke library! Repot sih, harus nyiapin makanan dulu, tar kalau sholat harus nyari tempat dulu, wudhu juga agak repot, tapi setelah dibandingkan, ternyata waktu efektifnya lebih banyak kalau saya pergi ke library. Apalagi kalau udah liat orang-orang pada serius belajar, wuuuh makin merasa terbakar! 🔥 

2. JAUHKAN GADGET DARI JANGKAUAN
Hape! The biggest distraction in my life! Saya memutuskan untuk menjauhkan hp saya dari jangkauan ketika saya belajar. Caranya, saya belajar di lantai 3 perpustakaan, lalu hp saya simpan di loker di lantai 2. Mager banget kaan kalau mau ambil 😂
Apa efeknya? Wuih ini dahsyat sih buat saya, pas belajar gak adaaa hasrat buka hp (iyalaah), gak ada gatel-gatel buka notif, chat orang, atau apapun ituu. Saya hanya ngecek hp biasanya pas jam makan siang dan menjelang sore. Yeay, good bye distraction!

3. PAKE PC KAMPUS
Nah, hp udah jauh, tapi whatsapp web masih on, instagram masih installed di laptop, facebook dan twitter tinggal login, daaan ternyata ada banyak gangguan lain ketika saya pakai laptop sendiri, Jadi, saya memutuskan pakai PC di kampus saja, yang jelas-jelas itu gak ada apa-apanya, daaan itu membuat saya lebih fokus. Sesekali saya masih cheating sih buka twitter, tapi saya setting kalau saya harus login dulu sebelum masuk (jadi gak otomatis login), lumayan mager kan buat buka twitter jadinya. Sejauh ini lumayan efektif juga. Meski ada kelemahan, ya pakai PC kampus gak senyaman pakai laptop sendiri lah yaa.

Eh tapi, ini saya lagi pake laptop sendiri lho di library. Tapi whatsapp web sudah saya logout, instagram for PC sudah saya uninstall, facebook dan twitter juga sudah logout. Yey lumayan efektif juga cara begini kalau emang pas lagi pengen pake laptop sendiri.

4. DITEMANI PLAYLIST UNTUK MENGURANGI DISTRAKSI
Saya masih termasuk orang yang sering ditemani lagu-lagu ketika belajar, untuk mengurangi gangguan suara kanan kiri. Ya saya termasuk orang yang tidak suka belajar di tempat ramai, jadi untuk menetralisir itu semua, saya biasanya dengar musik-musik instrument tanpa lirik. 


Naah, sepertinya itu hal-hal yang saya ubah baru-baru ini demi belajar efektif. Etapi ada satu pesan terakhir, jangan lupa berdoa sebelum belajar, mungkin ketidakfokusan saya selama ini juga disebabkan oleh kealpaan saya untuk memulai sesuatu yang baik dengan berdoa. Apapun yang kita lakukan, lakukan untuk Allah, niatkan karena Allah, mulai dengan doa terbaik, biar berkah, insyaAllah :D

Sampai jumpa di tulisan selanjutnya!

Wassalamu'alaikum ✋

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selamat Datang ke Dunia, Anak Kedua Kami!

Thank you so much, 2020!

Tak Ternilai Harganya...